Upaya Pengoptimalan Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten
Main Author: | NURUL, FITRI SUSANTY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/1/531611306267K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/ https://library.pip-semarang.ac.id |
Daftar Isi:
- Abstraksi- Perkembangan angkutan laut dalam negeri cukup pesat yang ditandai dengan banyaknya permohonan dalam rangka sertifikasi kapal. Sebagaimana kita ketahui bahwa tuntutan para peyedia jasa angkutan laut berkembang dengan pesat pada tahuntahun terakhir ini sehingga pemerintah perlu meningkatkan pelayanan dalam pemeriksaan kapal guna menjamin keselamatan kapal. Kecelakaan kapal terjadi lagi di perairan Indonesia melibatkan KMP Windu Karsa Dwitya dan KMP Virgo 18 di penyeberangan Merak-Bakaheuni. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk megetahui prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur dan mengetahui dampak jika pemeriksaan kapal docking oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten tidak optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data menggunakan beberapa metode pengumpulan data antara lain Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah mengenai prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur yaitu sesuai dengan buku saku pemeriksaan kapal dan buku pedoman teknis keselamatan transportasi laut yang disahkan Direktorat Jendral Perhubungan Laut dan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan. Dampak yang dapat terjadi jika pemeriksaan kapal docking tidak optimal yaitu kapal bisa mengalami kecelakaan. Karena pemeriksaan sangat berpengaruh pada pemenuhan kelaiklautan kapal yang sedang docking.