Upaya Pengoptimalan Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten

Main Author: NURUL, FITRI SUSANTY
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/1/531611306267K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/
https://library.pip-semarang.ac.id
ctrlnum 2694
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/</relation><title>Upaya Pengoptimalan Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten</title><creator>NURUL, FITRI SUSANTY</creator><subject>KALK</subject><description>Abstraksi- Perkembangan angkutan laut dalam negeri cukup&#xD; pesat yang ditandai dengan banyaknya permohonan dalam rangka&#xD; sertifikasi kapal. Sebagaimana kita ketahui bahwa tuntutan para&#xD; peyedia jasa angkutan laut berkembang dengan pesat pada tahuntahun terakhir ini sehingga pemerintah perlu meningkatkan&#xD; pelayanan dalam pemeriksaan kapal guna menjamin keselamatan&#xD; kapal. Kecelakaan kapal terjadi lagi di perairan Indonesia&#xD; melibatkan KMP Windu Karsa Dwitya dan KMP Virgo 18 di&#xD; penyeberangan Merak-Bakaheuni. Tujuan dalam penelitian ini&#xD; adalah untuk megetahui prosedur pemeriksaan kapal yang benar&#xD; dan sesuai prosedur dan mengetahui dampak jika pemeriksaan&#xD; kapal docking oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten&#xD; tidak optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini&#xD; adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif&#xD; berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang&#xD; diamati. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data menggunakan&#xD; beberapa metode pengumpulan data antara lain Observasi,&#xD; Wawancara, Studi Dokumentasi dan Studi Pustaka. Berdasarkan&#xD; hasil penelitian dan pembahasan masalah mengenai prosedur&#xD; pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur yaitu sesuai&#xD; dengan buku saku pemeriksaan kapal dan buku pedoman teknis&#xD; keselamatan transportasi laut yang disahkan Direktorat Jendral&#xD; Perhubungan Laut dan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan.&#xD; Dampak yang dapat terjadi jika pemeriksaan kapal docking tidak&#xD; optimal yaitu kapal bisa mengalami kecelakaan. Karena&#xD; pemeriksaan sangat berpengaruh pada pemenuhan kelaiklautan&#xD; kapal yang sedang docking.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/1/531611306267K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf</identifier><identifier> NURUL, FITRI SUSANTY (2020) Upaya Pengoptimalan Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>https://library.pip-semarang.ac.id</relation><recordID>2694</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:Pdf
Other
author NURUL, FITRI SUSANTY
title Upaya Pengoptimalan Pemeriksaan Kapal Docking Oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten
publishDate 2020
isbn 531611306267
topic KALK
url http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/1/531611306267K_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/2694/
https://library.pip-semarang.ac.id
contents Abstraksi- Perkembangan angkutan laut dalam negeri cukup pesat yang ditandai dengan banyaknya permohonan dalam rangka sertifikasi kapal. Sebagaimana kita ketahui bahwa tuntutan para peyedia jasa angkutan laut berkembang dengan pesat pada tahuntahun terakhir ini sehingga pemerintah perlu meningkatkan pelayanan dalam pemeriksaan kapal guna menjamin keselamatan kapal. Kecelakaan kapal terjadi lagi di perairan Indonesia melibatkan KMP Windu Karsa Dwitya dan KMP Virgo 18 di penyeberangan Merak-Bakaheuni. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk megetahui prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur dan mengetahui dampak jika pemeriksaan kapal docking oleh Marine Inspector di KSOP Kelas I Banten tidak optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data menggunakan beberapa metode pengumpulan data antara lain Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah mengenai prosedur pemeriksaan kapal yang benar dan sesuai prosedur yaitu sesuai dengan buku saku pemeriksaan kapal dan buku pedoman teknis keselamatan transportasi laut yang disahkan Direktorat Jendral Perhubungan Laut dan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan. Dampak yang dapat terjadi jika pemeriksaan kapal docking tidak optimal yaitu kapal bisa mengalami kecelakaan. Karena pemeriksaan sangat berpengaruh pada pemenuhan kelaiklautan kapal yang sedang docking.
id IOS15573.2694
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:02:07Z
last_indexed 2021-05-18T01:02:07Z
recordtype dc
_version_ 1700056166562791424
score 17.538404