PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Main Author: Mukti, M. Danang Widyo
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Teknokrat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/410/1/Lembar%20Abstrak%20WORD.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/410/2/BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/410/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/410/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran huruf Hijaiyah melalui pendidikan formal di Taman Kanak-Kanak untuk era modern ini memiliki beberapa hambatan, salah satunya adalah siswa banyak yang merasa kesulitan mempelajari huruf Hijaiyah sehingga siswa merasa bosan dan media pembelajaran secara konvensional yang tidak berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi untuk usia dini dan masyarakat umum sebagai media sarana hiburan dan alternatif untuk meningkatkan minat siswa mengenal dan mempelajari huruf Hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, kuisioner, dan tinjauan pustaka. Sumber data/subjek yaitu guru taman kanak-kanak. Metode penggujian yang dilakukan yaitu terhadap aspek Usability. Pengembangan aplikasi game mengenal huruf Hijaiyah menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform destop. Hasil pengujian kualitas aplikasi game mencari huruf Hijaiyah diperoleh nilai dari aspek usability diperoleh nilai 87%, dan aspek efficiency menunjukan tidak adanya kekurangan memory dan penggunaan CPU oleh aplikasi sebesar 35% .