Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM

Main Author: Kesuma, A. Kharisma Raya
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Teknokrat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/282/1/8.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/2/13.%20BAB%20I.docx.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/3/19.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/
ctrlnum 282
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/282/</relation><title>Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM</title><creator>Kesuma, A. Kharisma Raya</creator><subject>REPOSITORI DATA BERBASIS WEB</subject><description>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Ibu merupakan suatu lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang beralamatkan di Jalan Untung Suropati Nomor 14, Gang Sepakat, Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung. Dalam kegiatan pembelajaran mengenai agama terutama dalam pengenalan huruf hijaiyah masih dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu masih menggunakan kartu huruf hijaiyah. Dengan cara tersebut anak-anak kurang cepat dalam menangkap makna yang sedang disampaikan oleh para guru. Adapun salah satu bentuk pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diterapkan adalah dengan membangun game edukasi berbasis android.Game edukasi yang diharapkan saat ini adalah game yang yang mampu menghadirkan kualitas gambar yang baik serta mampu menghasilkan interaksi dengan pemakainya. Untuk mendukung hal tersebut pada penelitian ini menerapkan metode Finite State Machine (FSM). Penerapan metode FSM ini yaitu dengan menggunakan tiga hal yaitu state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi)yang diletakkan padahalaman permainan (game). Pada penelitian ini pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode Blackboxdan pengujian menggunakan kuesioner. Pengujian Blackbox dilakukan sebanyak tiga kali pengujian, diperoleh nilai hasil dari pengujian 1 sebesar 90%, pengujian 2 sebesar 90%, dan pengujian 3 sebesar 90%. Sehingga diperoleh ratarata nilai dari ketiga pengujian yang telah dilakukan tersebut sebesar 90% dan dapat dikatakan berhasil, karena sudah melampaui batas kelayakan yaitu 80% dan sistem dinyatakan layak untuk digunakan. Pengujian menggunakan kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 3 guru di PAUD Harapan Ibu dengan hasil tanggapan yaitu mayoritas responden sangat setuju bahwa aplikasi game pembelajaran huruf hijaiyah ini ini memiliki kelayakan baik dari segi tampilan, kegunaaan dan konten aplikasi yang sangat baik yaitu sebesar 92,5%.</description><publisher>Perpustakaan Teknokrat</publisher><date>2018-02-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/282/1/8.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/282/2/13.%20BAB%20I.docx.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/282/3/19.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Kesuma, A. Kharisma Raya (2018) Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>282</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Kesuma, A. Kharisma Raya
title Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM
publisher Perpustakaan Teknokrat
publishDate 2018
topic REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
url http://repository.teknokrat.ac.id/282/1/8.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/2/13.%20BAB%20I.docx.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/3/19.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/282/
contents Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Ibu merupakan suatu lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang beralamatkan di Jalan Untung Suropati Nomor 14, Gang Sepakat, Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung. Dalam kegiatan pembelajaran mengenai agama terutama dalam pengenalan huruf hijaiyah masih dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu masih menggunakan kartu huruf hijaiyah. Dengan cara tersebut anak-anak kurang cepat dalam menangkap makna yang sedang disampaikan oleh para guru. Adapun salah satu bentuk pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diterapkan adalah dengan membangun game edukasi berbasis android.Game edukasi yang diharapkan saat ini adalah game yang yang mampu menghadirkan kualitas gambar yang baik serta mampu menghasilkan interaksi dengan pemakainya. Untuk mendukung hal tersebut pada penelitian ini menerapkan metode Finite State Machine (FSM). Penerapan metode FSM ini yaitu dengan menggunakan tiga hal yaitu state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi)yang diletakkan padahalaman permainan (game). Pada penelitian ini pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode Blackboxdan pengujian menggunakan kuesioner. Pengujian Blackbox dilakukan sebanyak tiga kali pengujian, diperoleh nilai hasil dari pengujian 1 sebesar 90%, pengujian 2 sebesar 90%, dan pengujian 3 sebesar 90%. Sehingga diperoleh ratarata nilai dari ketiga pengujian yang telah dilakukan tersebut sebesar 90% dan dapat dikatakan berhasil, karena sudah melampaui batas kelayakan yaitu 80% dan sistem dinyatakan layak untuk digunakan. Pengujian menggunakan kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 3 guru di PAUD Harapan Ibu dengan hasil tanggapan yaitu mayoritas responden sangat setuju bahwa aplikasi game pembelajaran huruf hijaiyah ini ini memiliki kelayakan baik dari segi tampilan, kegunaaan dan konten aplikasi yang sangat baik yaitu sebesar 92,5%.
id IOS15511.282
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:14Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:14Z
recordtype dc
_version_ 1700252042628431872
score 17.538404