PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)
Main Author: | Anjumi, Krisma Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/ |
Daftar Isi:
- Diengva adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam barang seperti perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, aksesoris, bucket bunga, baju, tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada pada Diengva dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian barang. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan Toko Diengva menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum confidence. Item-item yang memenuhi aturan tersebut adalah Bulu Mata, Lem Bulu Mata, Soflen, dan Air Soflen. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item diatas. Kata Kunci: Transaski Penjualan, Analisis Pola Pembelian Pelanggan, Algoritma Apriori, Rapid Miner