PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)
Main Author: | Anjumi, Krisma Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/ |
ctrlnum |
2807 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/</relation><title>PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN
PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI
(STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)</title><creator>Anjumi, Krisma Nur</creator><subject>Metode Komputer</subject><description>Diengva adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam barang seperti
perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, aksesoris, bucket bunga, baju,
tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada
pada Diengva dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan
pembelian barang. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data
mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai
metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan Toko
Diengva menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari
penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok
terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum
confidence. Item-item yang memenuhi aturan tersebut adalah Bulu Mata, Lem Bulu
Mata, Soflen, dan Air Soflen. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas
dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar
untuk melakukan stok terhadap item-item diatas.
Kata Kunci: Transaski Penjualan, Analisis Pola Pembelian Pelanggan, Algoritma
Apriori, Rapid Miner</description><date>2020-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf</identifier><identifier> Anjumi, Krisma Nur (2020) PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2807</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Anjumi, Krisma Nur |
title |
PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN
PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI
(STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA) |
title_sub |
TOKO DIENGVA BANDAR JAYA) |
publishDate |
2020 |
topic |
Metode Komputer |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2807/ |
contents |
Diengva adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam barang seperti
perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, aksesoris, bucket bunga, baju,
tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada
pada Diengva dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan
pembelian barang. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data
mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai
metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan Toko
Diengva menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari
penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok
terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum
confidence. Item-item yang memenuhi aturan tersebut adalah Bulu Mata, Lem Bulu
Mata, Soflen, dan Air Soflen. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas
dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar
untuk melakukan stok terhadap item-item diatas.
Kata Kunci: Transaski Penjualan, Analisis Pola Pembelian Pelanggan, Algoritma
Apriori, Rapid Miner |
id |
IOS15511.2807 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:53:17Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:53:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252032922812416 |
score |
17.538404 |