PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)

Main Author: Anjumi, Krisma Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/
ctrlnum 2807
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/</relation><title>PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN&#xD; PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI&#xD; (STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)</title><creator>Anjumi, Krisma Nur</creator><subject>Metode Komputer</subject><description>Diengva adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam barang seperti&#xD; perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, aksesoris, bucket bunga, baju,&#xD; tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada&#xD; pada Diengva dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan&#xD; pembelian barang. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data&#xD; mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai&#xD; metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan Toko&#xD; Diengva menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari&#xD; penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok&#xD; terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum&#xD; confidence. Item-item yang memenuhi aturan tersebut adalah Bulu Mata, Lem Bulu&#xD; Mata, Soflen, dan Air Soflen. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas&#xD; dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar&#xD; untuk melakukan stok terhadap item-item diatas.&#xD; Kata Kunci: Transaski Penjualan, Analisis Pola Pembelian Pelanggan, Algoritma&#xD; Apriori, Rapid Miner</description><date>2020-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf</identifier><identifier> Anjumi, Krisma Nur (2020) PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2807</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Anjumi, Krisma Nur
title PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)
title_sub TOKO DIENGVA BANDAR JAYA)
publishDate 2020
topic Metode Komputer
url http://repository.teknokrat.ac.id/2807/1/b116311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/2/daftar_pustaka16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/3/abstrak16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/4/skripsi16311004.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2807/
contents Diengva adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam barang seperti perlengkapan rumah tangga, peralatan rumah tangga, aksesoris, bucket bunga, baju, tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Banyaknya data transaksi pembelian yang ada pada Diengva dapat dijadikan sebagai analisa perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian barang. Algoritma Apriori adalah salah satu algoritma pada bidang data mining untuk penggalian aturan asosiasi. Menerapkan Algoritma Apriori sebagai metode untuk mencari pola beli pelanggan pada data transaksi penjualan Toko Diengva menggunakan Rapid Miner. Dengan aturan yang dihasilkan dari penerapan Algoritma Apriori dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item yang memenuhi nilai minimum support dan minimum confidence. Item-item yang memenuhi aturan tersebut adalah Bulu Mata, Lem Bulu Mata, Soflen, dan Air Soflen. Nilai confidence dari hubungan antar 2 item diatas dapat dikatakan tinggi sehingga hasil aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan stok terhadap item-item diatas. Kata Kunci: Transaski Penjualan, Analisis Pola Pembelian Pelanggan, Algoritma Apriori, Rapid Miner
id IOS15511.2807
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:53:17Z
last_indexed 2021-05-20T04:53:17Z
recordtype dc
_version_ 1700252032922812416
score 17.538404