ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA)
Main Author: | Panjaitan, Feresia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/ |
Daftar Isi:
- Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. TB. Menara adalah salah satu bisnis usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan bahan bangunan dan alat pertukangan yang berada di punggur, lampung tengah. Toko ini belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma hash-based karena algoritma ini mengurangi jumlah kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Setelah dilakukan tiga kali iterasi tersisa dua alamat pada tabel hash dengan 3-itemset. Frequent itemset yang didapatkan yaitu itemset asbes, karet asbes, paku payung dengan jumlah terjual (support count) 93 dan itemset keramik, semen holcim, semen nat keramik dengan jumlah terjual 75. Aturan association rules yang terbentuk yaitu ketika konsumen membeli karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli karet asbes maka akan membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan karet asbes maka akan membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan paku payung maka akan membeli karet asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli paku payung dan karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli keramik dan semen nat keramik maka akan membeli semen holcim dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli semen nat keramik dan semen holcim keramik maka akan membeli keramik dengan confidance 97%. Kata Kunci: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rules, Algoritma Hash-Based, Rapidminer