ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA)

Main Author: Panjaitan, Feresia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/
ctrlnum 2779
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/</relation><title>ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN&#xD; (STUDI KASUS: TB. MENARA)</title><creator>Panjaitan, Feresia</creator><subject>Sistem Operasi Tertentu</subject><description>Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja&#xD; konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah&#xD; untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. TB. Menara&#xD; adalah salah satu bisnis usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan bahan&#xD; bangunan dan alat pertukangan yang berada di punggur, lampung tengah. Toko ini&#xD; belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang&#xD; digunakan yaitu algoritma hash-based karena algoritma ini mengurangi jumlah&#xD; kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling&#xD; laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset&#xD; yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Setelah dilakukan tiga kali iterasi&#xD; tersisa dua alamat pada tabel hash dengan 3-itemset. Frequent itemset yang&#xD; didapatkan yaitu itemset asbes, karet asbes, paku payung dengan jumlah terjual&#xD; (support count) 93 dan itemset keramik, semen holcim, semen nat keramik dengan&#xD; jumlah terjual 75. Aturan association rules yang terbentuk yaitu ketika konsumen&#xD; membeli karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika&#xD; konsumen membeli karet asbes maka akan membeli paku payung dengan&#xD; confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan karet asbes maka akan&#xD; membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes&#xD; dan paku payung maka akan membeli karet asbes dengan confidance 96%. Ketika&#xD; konsumen membeli paku payung dan karet asbes maka akan membeli asbes dengan&#xD; confidance 96%. Ketika konsumen membeli keramik dan semen nat keramik maka&#xD; akan membeli semen holcim dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli&#xD; semen nat keramik dan semen holcim keramik maka akan membeli keramik dengan&#xD; confidance 97%.&#xD; Kata Kunci: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rules, Algoritma&#xD; Hash-Based, Rapidminer</description><date>2020-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf</identifier><identifier> Panjaitan, Feresia (2020) ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2779</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Panjaitan, Feresia
title ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA)
publishDate 2020
topic Sistem Operasi Tertentu
url http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/
contents Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. TB. Menara adalah salah satu bisnis usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan bahan bangunan dan alat pertukangan yang berada di punggur, lampung tengah. Toko ini belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma hash-based karena algoritma ini mengurangi jumlah kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Setelah dilakukan tiga kali iterasi tersisa dua alamat pada tabel hash dengan 3-itemset. Frequent itemset yang didapatkan yaitu itemset asbes, karet asbes, paku payung dengan jumlah terjual (support count) 93 dan itemset keramik, semen holcim, semen nat keramik dengan jumlah terjual 75. Aturan association rules yang terbentuk yaitu ketika konsumen membeli karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli karet asbes maka akan membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan karet asbes maka akan membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan paku payung maka akan membeli karet asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli paku payung dan karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika konsumen membeli keramik dan semen nat keramik maka akan membeli semen holcim dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli semen nat keramik dan semen holcim keramik maka akan membeli keramik dengan confidance 97%. Kata Kunci: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rules, Algoritma Hash-Based, Rapidminer
id IOS15511.2779
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:53:17Z
last_indexed 2021-05-20T04:53:17Z
recordtype dc
_version_ 1700252032999358464
score 17.538404