ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA)
Main Author: | Panjaitan, Feresia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/ |
ctrlnum |
2779 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/</relation><title>ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN
(STUDI KASUS: TB. MENARA)</title><creator>Panjaitan, Feresia</creator><subject>Sistem Operasi Tertentu</subject><description>Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja
konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah
untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. TB. Menara
adalah salah satu bisnis usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan bahan
bangunan dan alat pertukangan yang berada di punggur, lampung tengah. Toko ini
belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang
digunakan yaitu algoritma hash-based karena algoritma ini mengurangi jumlah
kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling
laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset
yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Setelah dilakukan tiga kali iterasi
tersisa dua alamat pada tabel hash dengan 3-itemset. Frequent itemset yang
didapatkan yaitu itemset asbes, karet asbes, paku payung dengan jumlah terjual
(support count) 93 dan itemset keramik, semen holcim, semen nat keramik dengan
jumlah terjual 75. Aturan association rules yang terbentuk yaitu ketika konsumen
membeli karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika
konsumen membeli karet asbes maka akan membeli paku payung dengan
confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan karet asbes maka akan
membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes
dan paku payung maka akan membeli karet asbes dengan confidance 96%. Ketika
konsumen membeli paku payung dan karet asbes maka akan membeli asbes dengan
confidance 96%. Ketika konsumen membeli keramik dan semen nat keramik maka
akan membeli semen holcim dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli
semen nat keramik dan semen holcim keramik maka akan membeli keramik dengan
confidance 97%.
Kata Kunci: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rules, Algoritma
Hash-Based, Rapidminer</description><date>2020-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf</identifier><identifier> Panjaitan, Feresia (2020) ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TB. MENARA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2779</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Panjaitan, Feresia |
title |
ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASHBASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN
(STUDI KASUS: TB. MENARA) |
publishDate |
2020 |
topic |
Sistem Operasi Tertentu |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/2779/1/b116311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/2/daftar_pustaka16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/3/abstrak16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/4/skripsi16311219.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2779/ |
contents |
Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja
konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah
untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. TB. Menara
adalah salah satu bisnis usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan bahan
bangunan dan alat pertukangan yang berada di punggur, lampung tengah. Toko ini
belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang
digunakan yaitu algoritma hash-based karena algoritma ini mengurangi jumlah
kandidat itemset pada awal. Dari hasil penelitian ini ditemukkan barang yang paling
laku terjual untuk 1-itemset yaitu semen holcim sebesar 48%. Item untuk 2-itemset
yaitu keramik dan semen holcim sebesar 19%. Setelah dilakukan tiga kali iterasi
tersisa dua alamat pada tabel hash dengan 3-itemset. Frequent itemset yang
didapatkan yaitu itemset asbes, karet asbes, paku payung dengan jumlah terjual
(support count) 93 dan itemset keramik, semen holcim, semen nat keramik dengan
jumlah terjual 75. Aturan association rules yang terbentuk yaitu ketika konsumen
membeli karet asbes maka akan membeli asbes dengan confidance 96%. Ketika
konsumen membeli karet asbes maka akan membeli paku payung dengan
confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes dan karet asbes maka akan
membeli paku payung dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli asbes
dan paku payung maka akan membeli karet asbes dengan confidance 96%. Ketika
konsumen membeli paku payung dan karet asbes maka akan membeli asbes dengan
confidance 96%. Ketika konsumen membeli keramik dan semen nat keramik maka
akan membeli semen holcim dengan confidance 93%. Ketika konsumen membeli
semen nat keramik dan semen holcim keramik maka akan membeli keramik dengan
confidance 97%.
Kata Kunci: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rules, Algoritma
Hash-Based, Rapidminer |
id |
IOS15511.2779 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:53:17Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:53:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252032999358464 |
score |
17.538404 |