PENERAPAN SISTEM ANTRIAN DALAM PELAYANAN JASA CUCI MOBIL MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB (Studi Kasus Palapa Jaya Car Wash Bandar Lampung)
Main Author: | Sayuti, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2361/1/10.%20ABSTRAK.rtf http://repository.teknokrat.ac.id/2361/2/11.%20BAB%20I%20OK.rtf http://repository.teknokrat.ac.id/2361/3/17.%20daftar%20pustaka.rtf http://repository.teknokrat.ac.id/2361/ |
Daftar Isi:
- Palapa jaya car wash merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa cuci mobil. Palapa jaya car wash tidak hanya menyediakan cuci hidrolik, jasa car spa, poles mobil, vacum, semir, wax dan juga jasa cuci mobil. Permasalahan yang ada terjadi pada saat proses antrian jasa cuci mobil yaitu ada beberapa karyawan yang salah memilih pelanggan yang berhak untuk mendapatkan pelayanan jasa cuci mobil terlebih dahulu dan sering sekali antrian terlihat panjang. Berdasarkan permasalahan tersebut karena, perusahaan belum mempunyai sistem yang dapat membuat nomer antrian. Palapa jaya car wash sama sekali tidak ada kegiatan pengolahan data seperti laporan data pelanggan yang pernah berkunjung ke Palapa jaya car wash. Peneliti dengan ini mencari alternatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan penelitian tentang Penerapan sistem antrian dalam pelayanan jasa cuci mobil agar dapat dikelola secara komputerisasi dengan menggunakan sistem first come first served (FCFS) untuk proses antrian dan akan diimplementasikan menggunakan web karena , dengan aplikasi web tidak perlu di instal terlebih dahulu, aplikasi web bisa di akses dimana saja dan kapan saja, keunggulan web dapat membantu pimpanan untuk melihat laporan pendapatan melalui internet tanpa datang langsung ke Palapa jaya car wash. Hal ini dimaksudkan agar dapat membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pelayanan jasa pada Palapa jaya car wash. Sistem antrian dalam pelayanan jasa cuci mobil pada Palapa Jaya Car dapat digunakan oleh bagian kasir dan pelanggan umum sesuai dengan kebutuhannya. Aplikasi dapat menghasilkan informasi kepada pelanggan terkait informasi jumlah antrian dan estimasi waktu tunggu. Aplikasi telah di uji coba oleh bagian kasir Palapa Jaya Car, aplikasi dapat bekerja sebagai alat bantu dalam proses pelayanan kepada pelanggan dalam melakukan pemesanan cuci mobil dan mengetahui jumlah antrian dalam proses pemesanan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak Palapa Jaya Car terkait memberikan pelayanan kepada pelanggan lama ataupun pelanggan baru.