MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN AUTISME DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Authors: Nursita, Depa, Hamid, Lukman, Nurhidayah, Nisa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya , 2020
Online Access: https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/11
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/11/10
Daftar Isi:
  • Children with autism have differences in communication, interaction and behavior skills  compared to other children. Because children with autism cope with existing difficulties, children have difficulty expressing whatever is happening in others.Communication aspects that must be trained in children with autism in addition to speaking, namely gestures with the help of media such as pictures (visual). This study aims to study the expressive communication skills of autistic children using flash card media in early childhood education institutions. This study uses qualitative descriptive methods. The technique used is observation and interview. The results of the study prove that the use of flash card media can help to develop the communication skills provided to children with autism. So it can be concluded from this study that the use of flash card media can be used to train the communication skills of children with autism and can be used as a reference learning method for parents, teachers, institutions and prospective teachers.
  • Anak dengan autisme memiliki perbedaan kemampuan komunikasi, interaksi dan perilaku dibandingkan anak lainnya. Karena anak dengan autisme mengalami kesulitan salah satunya kesulitan berkomunikasi yang mengakibatkan anak sulit untuk mengungkapkan apapun yang terjadi dalam dirinya maupun orang lain. Aspek komunikasi yang harus dilatih pada anak dengan autism selain bicaranya yaitu gerak tubuh dapat dengan bantuan media seperti gambar (visual). Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil dari tulisan menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autisme. Sehingga dapat disimpulkan dari tulisan ini bahwa penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih kemampuan komunikasi anak autisme dan dapat di gunakan sebagai acuan metode pembelajaran bagi orang tua, guru, lembaga dan para calon guru.