MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI
Main Authors: | Jannah, Aisyah Raudhatul, Hamid, Lukman, Srihilmawati, Rostika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10 https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10/9 |
Daftar Isi:
- This article contains pop up book media to improve reading skills in early childhood. The problem encountered was that early childhood experienced difficulties in recognizing letter symbols. Early childhood cannot distinguish one letter from another, and there is still incorrect pronunciation of letters in reading. This happens one of them caused by inaccurate media used in the learning process. In overcoming this problem, the authors took the initiative to use pop up book media as an alternative media for learning to read. In this paper using a descriptive method with a qualitative approach. The author describes the facts or circumstances or symptoms that appear as they are.
- Artikel ini memuat tentang media pop up book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Permasalahan yang ditemui yaitu anak usia dini mengalami kesulitan dalam mengenal simbol-simbol huruf. Anak usia dini belum bisa membedakan huruf yang satu dengan yang lainnya, dan masih ada pelafalan huruf yang salah dalam membaca. Hal ini terjadi salah satunya di sebabkan oleh kurang tepatnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis berinisiatif untuk menggunakan media pop up book sebagai alternatif media pembelajaran membaca. Pada tulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis menggambarkan fakta-fakta atau keadaan maupun gejala yang tampak sebagaimana adanya.