ctrlnum 6713
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.polsri.ac.id/6713/</relation><title>RANCANG BANGUN JIG BALANCING UNTUK ELEVATOR PESAWAT CESSNA 152 (PENGUJIAN)</title><creator>Raden Kusuma, Muhammad</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Primary flight control pada pesawat udara terdiri dari aileron, rudder dan elevator, Secondary flight control terdiri dari flaps, slats, spoiler dan trim tab. Pesawat sebelum terbang harus dipastikan semua flight control dalam keadaan balance. Jika tidak, maka flutter akan terjadi ketika pesawat tersebut mengudara. Flutter adalah salah satu fenomena aeroelastisitas, yaitu fenomena getaran yang mengakibatkan sayap pesawat terbang &#x201C;mengepak&#x201D; seperti sayap burung. Hal ini diakibatkan karena kombinasi efek kekakuan struktur sayap, aerodinamika serta inersia (berat) dari struktur. Untuk menghindari terjadinya flutter harus dilakukan balancing flight control, salah satunya pada Elevator.Elevator terletak pada horizontal stabilizer.Cara balancing elevator adalah dengan metode jig procedure, dimana elevator harus dilepas terlebih dahulu. Balance atau tidaknya tab elevator ditentukan dari nilai Balance Limit. Rancang bangun ini bertujuan untuk menjadi sebuah media dan sarana pendukung dalam pembelajaran. Dengan adanya alat ini diharapkan siswa dapat mengetahui salah satu metode maintenance pada flight control pesawat.</description><date>2019-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/1/FILE%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/2/FILE%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/3/FILE%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/4/FILE%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/5/FILE%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/6/FILE%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/6713/7/FILE%20VII.pdf</identifier><identifier> Raden Kusuma, Muhammad (2019) RANCANG BANGUN JIG BALANCING UNTUK ELEVATOR PESAWAT CESSNA 152 (PENGUJIAN). Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. </identifier><recordID>6713</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Raden Kusuma, Muhammad
title RANCANG BANGUN JIG BALANCING UNTUK ELEVATOR PESAWAT CESSNA 152 (PENGUJIAN)
publishDate 2019
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url http://eprints.polsri.ac.id/6713/1/FILE%20I.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/2/FILE%20II.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/3/FILE%20III.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/4/FILE%20IV.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/5/FILE%20V.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/6/FILE%20VI.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/7/FILE%20VII.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/6713/
contents Primary flight control pada pesawat udara terdiri dari aileron, rudder dan elevator, Secondary flight control terdiri dari flaps, slats, spoiler dan trim tab. Pesawat sebelum terbang harus dipastikan semua flight control dalam keadaan balance. Jika tidak, maka flutter akan terjadi ketika pesawat tersebut mengudara. Flutter adalah salah satu fenomena aeroelastisitas, yaitu fenomena getaran yang mengakibatkan sayap pesawat terbang “mengepak” seperti sayap burung. Hal ini diakibatkan karena kombinasi efek kekakuan struktur sayap, aerodinamika serta inersia (berat) dari struktur. Untuk menghindari terjadinya flutter harus dilakukan balancing flight control, salah satunya pada Elevator.Elevator terletak pada horizontal stabilizer.Cara balancing elevator adalah dengan metode jig procedure, dimana elevator harus dilepas terlebih dahulu. Balance atau tidaknya tab elevator ditentukan dari nilai Balance Limit. Rancang bangun ini bertujuan untuk menjadi sebuah media dan sarana pendukung dalam pembelajaran. Dengan adanya alat ini diharapkan siswa dapat mengetahui salah satu metode maintenance pada flight control pesawat.
id IOS15200.6713
institution Politeknik Negeri Sriwijaya
institution_id 186
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
library_id 333
collection Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
repository_id 15200
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
repoId IOS15200
first_indexed 2021-08-25T09:33:02Z
last_indexed 2021-08-25T09:33:02Z
recordtype dc
_version_ 1709058355107987456
score 17.538404