Daftar Isi:
  • Laporan ini membahas tentang penerapan bauran pemasaran yang digunakan Pabrik tempe Pakde Palembang. Kenyataannya, dalam pemasaran pakde kurang optimal karena beberapa masalah yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan volume penjualan dengan menerapkan bauran pemasaran. Data yang didapatkan berasal dari observasi dan wawancara langsung dengan pemilik pabrik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bauran pemasaran yang ada di pabrik tempe Pakde ini menggunakan strategi produk yang mengutamakan pelayanan dan kualitas, kemasaan, dan positioning product strategi penetapan harga berdasarkan biaya produksi (Standrad Mark-up Pricing) dan Strategi Fleksibilitas, strategi promosi menggunakan personal selling, dan saluran distribusi menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Namun, setelah menerapkan itu, penjualan pada beberapa tahun terakhir menurun. Penulis menyarankan agar lebih mengembangkan pada strategi produk berupa pada kemasan dan kualitas, strategi harga dengan memberikan diskon kepada konsumen yang membeli tempe dalam kuantitas yang banyak, strategi promosi memperkenalkan produk ke tempat baru seperti paguyuban gorengan dan menambah saluran distribusi dengan mengecer kewarung-warung.