PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN BETUNG – SEI LILIN STA 15 + 000 – STA 20 + 000 PROVINSI SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Pratama, Faldy, Rohim, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/1336/1/COVER%20DLL.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/2/BAB%20I.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/3/BAB%20II.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/4/BAB%20III.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/6/BAB%20V.pdf http://eprints.polsri.ac.id/1336/ |
Daftar Isi:
- Jalan Betung – Sei lilin merupakan ruas jalan yang menghubungkan batas kota Palembang ke batas kota Jambi. Ruas jalan ini memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik secara local maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometric dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Betung – Sei Lilin, sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Di dalam merencanakan desain geometric jalan raya, hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertical serta merencanakan jenis perkerasan. Dari hasil perhitunganperhitungan di atas, maka Jalan Betung – Sei Lilin merupakan jalan kelas I A (Jalan Arteri) dengan kecepatan rencana 80 km/jam dan menggunakan 7 buah tikungan. Lapisan permukaan jalan menggunakan jenis perkerasan Laston dengan tebal 10 cm, lapisan pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A dengan tebal 25 cm, serta lapisan pondasi bawah menggunakan Sirtu kelas A dengan tebal 54 cm. Pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 143 hari dengan total dana Rp. 33.801.106.600,00 Kata kunci : Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan, Rencana Anggaran Biaya.