Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Kartu Prabayar XL di Kota Bandung. Studi pada program 60 Hari, 60 Mazda 2, 60 Pemenang PT XL Axiata Tbk
Main Author: | H, Muhammad Iqbal |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8590 |
Daftar Isi:
- Promosi penjualan merupakan salah satu strategi yang digunakan perusahaan telekomunikasi dalam menarik minat konsumen melalui insentif jangka pendek. PT XL Axiata Tbk sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia melakukan kegiatan promosi penjualan “60 Hari, 60 Mazda 2, 60 Pemenang” pada periode Agustus sampai dengan Oktober 2015 khusus untuk pengguna kartu prabayar XL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan “60 Hari, 60 Mazda 2, 60 Pemenang” terhadap keputusan pembelian pengguna kartu prabayar XL di Kota Bandung. Pada penelitian ini, sub-variabel promosi penjualan yang diukur adalah hadiah dan program frekuensi yang merupakan alat promosi penjualan, sedangkan untuk mengukur variabel keputusan pembelian digunakan model respon AIDA. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner online dan offline yang disebarkan kepada pengguna kartu prabayar XL di Kota Bandung. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi. Analisis ini mencakup: validitas dan reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y = 2,679 + 0,537X. Variabel Keputusan Pembelian (Y), dan Promosi Penjualan (X) yang diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna kartu prabayar XL. Angka Adjusted R square sebesar 0,344 menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan pada penelitian ini berpengaruh sebesar 34,4 persen terhadap variabel keputusan pembelian pengguna kartu prabayar XL. Sedangkan sisanya 64,6 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.