ESTIMASI MARKET POWER PERUSAHAAN DOMINAN PADA INDUSTRI SEPEDA MOTOR DI INDONESIA studi kasus pada PT.Astra Honda Motor
Main Author: | Amal, Ichlasul |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/4564 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi derajat market power sebuah perusahaan dominan pada industri sepeda motor di Indonesia, yaitu PT. Astra Honda Motor pada periode 1983-2013 menggunakan data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sebuah prosedur tidak langsung dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari estimasi elastisitas perusahaan pesaing, elastisitas pasar, dan data market share untuk menghitung elastisitas residual PT.AHM. Hasil estimasi menunjukkan bahwa derajat market power perusahaan ini tidaklah begitu besar dibandingkan dengan dominasinya yang terlihat sangat tinggi pada pasar, mengindikasikan bahwa perusahaan ini tidak memiliki kemampuan penuh dalam mempengaruhi harga pasar. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan pesaing PT.AHM ini memberikan persaingan yang cukup efektif, terlihat dari estimasi conjectural variation yang membuktikan adanya persaingan yang cukup ketat pada industri ini