Pengaruh Brand Romance terhadap Brand Loyalty (Survei pada Mahasiswa S1 Pengguna iPhone Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)
Main Author: | Jeni, Reginia R |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/23001 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui tentang kondisi brand romance dan kondisi brand loyalty, serta pengaruh brand romance terhadap brand loyalty pada Mahasiswa S1 pengguna iPhone di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini juga dilakukan dengan observasi pada My Campus Apple Store. Variabel bebas yang diteliti adalah brand romance dan variabel terikatnya adalah brand loyalty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan explanatory survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah populasi yang ada dalam penelitian ini adalah sebanyak 439 orang dan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 82 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi sederhana, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian hipotesis dengan uji t menyatakan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu adanya pengaruh Brand Romance terhadap Brand Loyalty. Variabel Brand Romance tersebut memiliki hubungan yang erat terhadap Brand Loyalty. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh brand romance terhadap brand loyalty pada Mahasiswa S1 pengguna iPhone di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Saran untuk My Campus Apple Store yaitu melakukan peningkatan pelayanan dan melakukan pemberian informasi melalui media sosial yang bermanfaat bagi pengguna, sehingga secara tidak langsung pengguna akan memiliki Brand Loyalty yang tinggi pada produk iPhone.