Menentukan Jumlah Server Optimal dan Waktu Pelayanan pada Pelayanan Perbaikan Kendaraan Roda Empat di Bengkel Service Body and Paint(Studi Kasus pada Astrido Toyota Yos Sudarso Service Body and Paint)

Main Author: Kurniharsih, Aprilia
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/13699
Daftar Isi:
  • Astrido Toyota Yos Sudarso Service Body and Paint memiliki permasalahan yaitu waktu perbaikan kendaraan kategori kerusakan ringan dan waktu perbaikan kendaraan kategori kerusakan sedang mengalami keterlambatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menentukan model antrian, jumlah server optimal dan waktu pelayanannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa model antrian yang sedang berlaku pada sistem antrian untuk pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan ringan adalah model antrian (M/G/1) : (FCFS/210/∞) dan pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan sedang adalah (M/G/1) : (FCFS/210/∞). Jumlah server optimal adalah 6 server pada pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan ringan dan 5 server pada pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan sedang. Sehingga, Model antrian sesuai jumlah server pelayanan yang optimal untuk pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan ringan adalah model antrian (M/G/6) : (FCFS/210/∞) dan pelayanan perbaikan kendaraan kategori kerusakan sedang adalah (M/G/5) : (FCFS/210/∞). Total waktu pelayanan rata-rata untuk kendaraan kategori kerusakan ringan dan sedang pada kondisi awal satu server adalah 95,9212 ≈ 96 jam yaitu selama 12 hari dan 107,4034 ≈ 107 jam yaitu selama 14 hari. Total waktu pelayanan rata-rata setelah penambahan server menjadi 6 server untuk kendaraan kategori kerusakan ringan dan 5 server kategori kerusakan sedang adalah 15,5019 ≈ 16 jam yaitu selama 2 hari dan 29,3827 ≈ 29 jam yaitu 4 hari.