Daftar Isi:
  • Aditya Geofano Sebayang 210110110699, Jurusan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung. Melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Antara Kredibilitas Customer Service Officer PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. dengan Sikap Nasabah BRI Kantor Cabang Pembantu Cimindi Terhadap Perusahaan”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr.Evi Novianti, MSi sebagai pembimbing utama dan Drs.H.Wawan Setiawan,M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Jurusan Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Kredibilitas Customer Service Officer PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. dengan Sikap Nasabah BRI Kantor Cabang Pembantu Cimindi Terhadap Perusahaan. Teori dalam penelitian ini Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, dan Kelly dalam bukunya Communication and Persuasion (1953). Penelitian ini menggunakan metode Korelasional dengan tehnik pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah nasaba Bank BRI (perorangan) Kantor Cabang Pembantu Cimindi yang berjumlah 69 orang sebagai responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik sampel acak sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kredibilitas Customer Service Officer (CSO) PT. Bank Rakyat Indonesia memiliki hubungan yang kuat dengan Sikap Nasabah BRI di Kantor Cabang Pembantu Cimindi. Hal ini dikarenakan oleh sebagian besar dari responden menilai bahwa Keahlian, Kepercayaan, Daya tarik yang dari Customer Service Officer dapat menimbulkan Sikap nasabah. Kesimpulan penelitian ini adalah Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kredibilitas Customer Service Officer yang meliputi keahlian, keterpercayaan kemudian daya tarik dengan sikap nasabah BRI di Kantor Cabang Pembantu Cimindi terhadap Perusahaan. Dimana semakin kredibilitas Customer Service Officer yang meliputi keahlian dari, keterpercayaan kemudian daya tarik, maka akan semaikin mempengarui dengan baik dengan sikap nasabah BRI di Kantor Cabang Pembantu Cimindi terhadap Perusahaan. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran yang diberikan oleh peneliti yaitu sebaiknya CSO Bank BRI untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan kredibilitasnya, sebaiknya CSO Bank BRI untuk menjaga hubungan yang telah terbina dengan nasabah, sebaiknya CSO Bank BRI untuk merancang strategi pemberian informasi dengan suasana yang lebih menarik kepada nasabah.