PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: Lailiyah, Evi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tamansiswa Palembang , 2017
Online Access: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.