PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: Lailiyah, Evi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tamansiswa Palembang , 2017
Online Access: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9
ctrlnum article-9
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP</title><creator>Lailiyah, Evi</creator><description lang="en-US">Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan&#xA0; kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.</description><publisher lang="en-US">Universitas Tamansiswa Palembang</publisher><date>2017-10-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9</identifier><source lang="en-US">Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika; Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika; 55-64</source><source>2657-0335</source><source>2528-3901</source><language>eng</language><relation>http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika</rights><recordID>article-9</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Lailiyah, Evi
title PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
publisher Universitas Tamansiswa Palembang
publishDate 2017
url http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9
contents Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.
id IOS14928.article-9
institution Universitas Tamansiswa Palembang
institution_id 2103
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tamansiswa Palembang
library_id 1685
collection Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
repository_id 14928
subject_area Nabla Dewantara
Jurnal Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Mathematics/Matematika
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14928
first_indexed 2021-02-08T09:26:09Z
last_indexed 2021-02-08T09:26:09Z
recordtype dc
_version_ 1691118711151263744
score 17.538404