PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Lailiyah, Evi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tamansiswa Palembang
, 2017
|
Online Access: |
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9 http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9 |
ctrlnum |
article-9 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP</title><creator>Lailiyah, Evi</creator><description lang="en-US">Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan  kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.</description><publisher lang="en-US">Universitas Tamansiswa Palembang</publisher><date>2017-10-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9</identifier><source lang="en-US">Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika; Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika; 55-64</source><source>2657-0335</source><source>2528-3901</source><language>eng</language><relation>http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika</rights><recordID>article-9</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Lailiyah, Evi |
title |
PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP |
publisher |
Universitas Tamansiswa Palembang |
publishDate |
2017 |
url |
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9 http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/9/9 |
contents |
Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis. |
id |
IOS14928.article-9 |
institution |
Universitas Tamansiswa Palembang |
institution_id |
2103 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Tamansiswa Palembang |
library_id |
1685 |
collection |
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika |
repository_id |
14928 |
subject_area |
Nabla Dewantara Jurnal Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Mathematics/Matematika |
city |
KOTA PALEMBANG |
province |
SUMATERA SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS14928 |
first_indexed |
2021-02-08T09:26:09Z |
last_indexed |
2021-02-08T09:26:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1691118711151263744 |
score |
17.538404 |