Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung T.P 2019/2020

Main Authors: Nasution, Aisyah Rahma, Simatupang, Halim, ,, Daryanti, Siregar, Alfrida, Sagala, Rohani Regina, Sari, Supraba Ika, Sidabuke, Mery K
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812/2201
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 11 Medan Tembung Kota Medan T.P 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 hingga 25 Februari 2020. Sampel penelitian adalah seluruh Guru Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung. Instrument penelitian dengan triangulasi teknik yaitu memberikan dua jenis instrument berupa soal tes dan wawancara kepada satu sumber data serta peneliti sendiri sebagai instrument utama penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Profil PCK berdasarkan Komponen-komponen yang dimiliki PCK. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh pada Komponen Pengetahuan Materi Pembelajaran Sangat baik, Komponen pengetahuan Peserta Didik dan Karakteristiknya Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Pedagogik Umum Sangat baik, Komponen Pengetahuan Komtent Pedagogik Kurang Baik, Komponen Pengetahuan Konteks Pembelajaran Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Kurikulum baik, dan Komponen pengetahuan Strategi Mengejar Kurang Baik. Sehingga secara Keseluruhan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh Guru-Guru Biologi SMA Negeri 11 adalah Baik