Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung T.P 2019/2020

Main Authors: Nasution, Aisyah Rahma, Simatupang, Halim, ,, Daryanti, Siregar, Alfrida, Sagala, Rohani Regina, Sari, Supraba Ika, Sidabuke, Mery K
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812/2201
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2812
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung T.P 2019/2020</title><creator>Nasution, Aisyah Rahma</creator><creator>Simatupang, Halim</creator><creator>,, Daryanti</creator><creator>Siregar, Alfrida</creator><creator>Sagala, Rohani Regina</creator><creator>Sari, Supraba Ika</creator><creator>Sidabuke, Mery K</creator><subject lang="en-US">Profil, Pedagogical Content Knowledge (PCK), Pembelajaran Biologi</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 11 Medan Tembung Kota Medan T.P 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 hingga 25 Februari 2020. Sampel penelitian adalah seluruh Guru Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung. Instrument penelitian dengan triangulasi teknik yaitu memberikan dua jenis instrument berupa soal tes dan wawancara kepada satu sumber data serta peneliti sendiri sebagai instrument utama penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Profil PCK berdasarkan Komponen-komponen yang dimiliki PCK. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh pada Komponen Pengetahuan Materi Pembelajaran Sangat baik, Komponen pengetahuan Peserta Didik dan Karakteristiknya Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Pedagogik Umum Sangat baik, Komponen Pengetahuan Komtent Pedagogik Kurang Baik, Komponen Pengetahuan Konteks Pembelajaran Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Kurikulum baik, dan Komponen pengetahuan Strategi Mengejar Kurang Baik. Sehingga secara Keseluruhan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh Guru-Guru Biologi SMA Negeri 11 adalah Baik</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812</identifier><identifier>10.30743/best.v3i2.2812</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 2 (2020): September 2020; 90-97</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812/2201</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Aisyah Rahma Nasution, Halim Simatupang, Ibu Daryanti, Alfrida Siregar, Rohani Regina Sagala, Supraba Ika Sari, Mery K Sidabuke</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2812</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Nasution, Aisyah Rahma
Simatupang, Halim
,, Daryanti
Siregar, Alfrida
Sagala, Rohani Regina
Sari, Supraba Ika
Sidabuke, Mery K
title Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung T.P 2019/2020
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Profil
Pedagogical Content Knowledge (PCK)
Pembelajaran Biologi
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2812/2201
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 11 Medan Tembung Kota Medan T.P 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 hingga 25 Februari 2020. Sampel penelitian adalah seluruh Guru Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung. Instrument penelitian dengan triangulasi teknik yaitu memberikan dua jenis instrument berupa soal tes dan wawancara kepada satu sumber data serta peneliti sendiri sebagai instrument utama penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Profil PCK berdasarkan Komponen-komponen yang dimiliki PCK. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh pada Komponen Pengetahuan Materi Pembelajaran Sangat baik, Komponen pengetahuan Peserta Didik dan Karakteristiknya Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Pedagogik Umum Sangat baik, Komponen Pengetahuan Komtent Pedagogik Kurang Baik, Komponen Pengetahuan Konteks Pembelajaran Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Kurikulum baik, dan Komponen pengetahuan Strategi Mengejar Kurang Baik. Sehingga secara Keseluruhan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh Guru-Guru Biologi SMA Negeri 11 adalah Baik
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2812
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
last_indexed 2020-12-24T07:38:42Z
recordtype dc
_version_ 1686944456864956416
score 17.538404