Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Authors: Sinaga, Dian Perayanti, Hulu, Irwan Lihardo
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98> thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018.