Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Authors: Sinaga, Dian Perayanti, Hulu, Irwan Lihardo
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018</title><creator>Sinaga, Dian Perayanti</creator><creator>Hulu, Irwan Lihardo</creator><subject lang="en-US">Hasil belajar, Model Pembelajaran Naskah Kooperatif, Pemetaan Pikiran</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi &#x3B1; = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98&gt; thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492</identifier><identifier>10.30743/best.v3i1.2492</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020; 133-138</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Dian Perayanti Sinaga, Irwan Lihardo Hulu</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Sinaga, Dian Perayanti
Hulu, Irwan Lihardo
title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Hasil belajar
Model Pembelajaran Naskah Kooperatif
Pemetaan Pikiran
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98> thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018.
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
recordtype dc
_version_ 1686944456878587904
score 17.538404