Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Authors: | Sinaga, Dian Perayanti, Hulu, Irwan Lihardo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018</title><creator>Sinaga, Dian Perayanti</creator><creator>Hulu, Irwan Lihardo</creator><subject lang="en-US">Hasil belajar, Model Pembelajaran Naskah Kooperatif, Pemetaan Pikiran</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98> thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492</identifier><identifier>10.30743/best.v3i1.2492</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020; 133-138</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Dian Perayanti Sinaga, Irwan Lihardo Hulu</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File |
author |
Sinaga, Dian Perayanti Hulu, Irwan Lihardo |
title |
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018 |
publisher |
Program Studi Pendidikan Biologi |
publishDate |
2020 |
topic |
Hasil belajar Model Pembelajaran Naskah Kooperatif Pemetaan Pikiran |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2492/1659 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98> thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. |
id |
IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2492 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology) |
repository_id |
14794 |
subject_area |
Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi Biology/Biologi, Ilmu Hayat Teknologi Pendidikan Pertanian dan Kesehatan |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS14794 |
first_indexed |
2020-11-27T05:17:17Z |
last_indexed |
2020-11-27T05:17:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686944456878587904 |
score |
17.538404 |