Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi
Main Authors: | Arifin, Misbahul, Widyastono, Herry |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469/1650 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang studi bagaimana perbandingan atau komparasi Negara Indonesia dengan Negara lain memanfaatkan teknologi dalam pendidikan khusus, dimana studi teersebut menggunakan studi komparasi teknologi Negara asistif Negara maju dan kajian studi berbasis literasi. Dalam hal ini tentunya pihak sekolah harus memahami cara guna dari teknologi asistif tersebut dan perlu adanya kerja sama dari para teknologi .pembelajaran yang diharapkan dapat merancang sebuah pembelajaran dan memecahkan permasalahan yang menghambat Anak Berkebutuhan Khusus dalam menempuh pendidikan bahkan aktifitas kesehariannya. Sehingga Anak Berkebutuhan Khusus tetap dapat produktif seperti anak regular dan juga memiliki masa depan yang cemerlang dan memberikan kemandirian bagi anak. Dalam Metode nya digunakan penggunaan teknologi bantu/asistif bagi anak berkebutuhan khsusu di Indonesia yang terus mengalami peningkatan ditinjau dari segi perancangan dan alat yang digunakan serta pengembangan yang ditinjau dari segi keberfungsian. Teknologi yang digunakan seperti IPads untuk anak dianggap efektif untuk membantu anak berkebutuhan khusus yang mempunyai keterbatasan verbal maupun nonverbal sebagai media alternative. Pada negara Australia Teknologi bantu dapat mengatasi beberapa gangguan seperti : (a)Sensorik, (b)Intelektual, (c)masalah fisik atau kesehatan. Di Negara Jerman diseusaikan dengan jenis ketunaan, dan di Negara Amerika Serikat terdapat beberapa teknologi yang digunakan adalah : (a) Papan komunikasi (b) Teks Suara (c) Teknologi Pengenalan Suara (d) Tablet (e)Aplikasi. Dari perbandingan dengan ke 6 negara lainnya bahwa Indonesia masih kurang dan perlu dikembangkan dalam pengembangan teknologi bantu pada ABK dalam segi kemandirian dan paska sekolah