Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi

Main Authors: Arifin, Misbahul, Widyastono, Herry
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469/1650
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2469
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi</title><creator>Arifin, Misbahul</creator><creator>Widyastono, Herry</creator><subject lang="en-US">Teknologi, Anak Berkebnutuhan Khusus (ABK, Komparasi, Ketunaan, Literasi</subject><description lang="en-US">Penelitian ini membahas tentang studi bagaimana perbandingan atau komparasi Negara Indonesia dengan Negara lain memanfaatkan teknologi dalam pendidikan khusus, dimana studi teersebut menggunakan studi komparasi teknologi Negara asistif Negara maju dan kajian studi berbasis literasi. Dalam hal ini tentunya pihak sekolah harus memahami cara guna dari teknologi asistif tersebut dan perlu adanya kerja sama dari para teknologi .pembelajaran yang diharapkan dapat merancang sebuah pembelajaran dan memecahkan permasalahan yang menghambat Anak Berkebutuhan Khusus dalam menempuh pendidikan bahkan aktifitas kesehariannya. Sehingga Anak Berkebutuhan Khusus tetap dapat produktif seperti anak regular dan juga memiliki masa depan yang cemerlang dan memberikan kemandirian bagi anak. Dalam Metode nya digunakan penggunaan teknologi bantu/asistif bagi anak berkebutuhan khsusu di Indonesia yang terus mengalami peningkatan ditinjau dari segi perancangan dan alat yang digunakan serta pengembangan yang ditinjau dari segi keberfungsian. Teknologi yang digunakan seperti IPads untuk anak dianggap efektif untuk membantu anak berkebutuhan khusus yang mempunyai keterbatasan verbal maupun nonverbal sebagai media alternative. Pada negara Australia Teknologi bantu dapat mengatasi beberapa gangguan seperti : (a)Sensorik, (b)Intelektual, (c)masalah fisik atau kesehatan. Di Negara Jerman diseusaikan dengan jenis ketunaan, dan di Negara Amerika Serikat terdapat beberapa teknologi yang digunakan adalah : (a) Papan komunikasi (b) Teks Suara (c) Teknologi Pengenalan Suara (d) Tablet (e)Aplikasi. Dari perbandingan dengan ke 6 negara lainnya bahwa Indonesia masih kurang dan perlu dikembangkan dalam pengembangan teknologi bantu pada ABK dalam segi kemandirian dan paska sekolah</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-04-24</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469</identifier><identifier>10.30743/best.v3i1.2469</identifier><source lang="en-US">BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology); Vol 3, No 1 (2020): Juni 2020; 92-100</source><source>2654-4652</source><source>2614-8064</source><source>10.30743/best.v3i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469/1650</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Misbahul Arifin, Herry Widyastono</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2469</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Arifin, Misbahul
Widyastono, Herry
title Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi
publisher Program Studi Pendidikan Biologi
publishDate 2020
topic Teknologi
Anak Berkebnutuhan Khusus (ABK
Komparasi
Ketunaan
Literasi
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/2469/1650
contents Penelitian ini membahas tentang studi bagaimana perbandingan atau komparasi Negara Indonesia dengan Negara lain memanfaatkan teknologi dalam pendidikan khusus, dimana studi teersebut menggunakan studi komparasi teknologi Negara asistif Negara maju dan kajian studi berbasis literasi. Dalam hal ini tentunya pihak sekolah harus memahami cara guna dari teknologi asistif tersebut dan perlu adanya kerja sama dari para teknologi .pembelajaran yang diharapkan dapat merancang sebuah pembelajaran dan memecahkan permasalahan yang menghambat Anak Berkebutuhan Khusus dalam menempuh pendidikan bahkan aktifitas kesehariannya. Sehingga Anak Berkebutuhan Khusus tetap dapat produktif seperti anak regular dan juga memiliki masa depan yang cemerlang dan memberikan kemandirian bagi anak. Dalam Metode nya digunakan penggunaan teknologi bantu/asistif bagi anak berkebutuhan khsusu di Indonesia yang terus mengalami peningkatan ditinjau dari segi perancangan dan alat yang digunakan serta pengembangan yang ditinjau dari segi keberfungsian. Teknologi yang digunakan seperti IPads untuk anak dianggap efektif untuk membantu anak berkebutuhan khusus yang mempunyai keterbatasan verbal maupun nonverbal sebagai media alternative. Pada negara Australia Teknologi bantu dapat mengatasi beberapa gangguan seperti : (a)Sensorik, (b)Intelektual, (c)masalah fisik atau kesehatan. Di Negara Jerman diseusaikan dengan jenis ketunaan, dan di Negara Amerika Serikat terdapat beberapa teknologi yang digunakan adalah : (a) Papan komunikasi (b) Teks Suara (c) Teknologi Pengenalan Suara (d) Tablet (e)Aplikasi. Dari perbandingan dengan ke 6 negara lainnya bahwa Indonesia masih kurang dan perlu dikembangkan dalam pengembangan teknologi bantu pada ABK dalam segi kemandirian dan paska sekolah
id IOS14794.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2469
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology)
repository_id 14794
subject_area Education, Research, Related Topics of Biology/Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Biologi
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
Teknologi Pendidikan
Pertanian dan Kesehatan
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS14794
first_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
last_indexed 2020-11-27T05:17:17Z
recordtype dc
_version_ 1686944456895365120
score 17.538404