ctrlnum 4598
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/</relation><title>&#x201C;Penerapan Model Kooperatif Tipe Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan&#x201D;.</title><creator>Eneng Sukaesih, Eneng</creator><subject>Educational Institutions, Schools and Their Activities</subject><subject>Methods of Instruction and Study</subject><description>Berdasarkan hasil observasi di MTs Ma&#x2019;arif Cikeruh, diperoleh informasi bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang paling ditakuti serta cepat merasa bosan, guru IPA mendapatkan nilai rata-rata siswa berada di bawah KKM, pemahaman konsep siswa sangat rendah,dengan hasil tes pemahaman pada materi tekanan belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe explicit instruction yang bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran IPA Terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe explicit instruction pada materi tekanan dan penerapan model kooperatif tipe explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G berjumlah 35 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi dan data pemahaman konsep siswa diperoleh menggunakan tes tertulis bentuk soal uraian dan LKS sebagai instrumen pendukung. Dari hasil penelitian data yang diperoleh: (1) Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru pada kriteria sangat baik yaitu 96,91% dan siswa berada pada kriteria sangat baik yaitu 92,51%. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan N-gain 0,62 dengan kategori sedang dan berdasarkan uji t didapat thitung = 19,780 &gt; ttabel = 2,040 pada taraf signifikansi 0,05. Karena thitung &gt; ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep yang sangat signifikan pada materi tekanan.</description><date>2014-06-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/1/1_cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/2/2_abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/3/3_daftarisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/4/4_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/5/5_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/6/6_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/7/7_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/8/8_daftarpustaka.pdf</identifier><identifier> Eneng Sukaesih, Eneng (2014) &#x201C;Penerapan Model Kooperatif Tipe Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan&#x201D;. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. </identifier><recordID>4598</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Eneng Sukaesih, Eneng
title “Penerapan Model Kooperatif Tipe Explicit Instruction untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan”
publishDate 2014
topic Educational Institutions
Schools and Their Activities
Methods of Instruction and Study
url http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/1/1_cover.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/2/2_abstrak.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/3/3_daftarisi.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/4/4_bab1.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/5/5_bab2.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/6/6_bab3.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/7/7_bab4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/8/8_daftarpustaka.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4598/
contents Berdasarkan hasil observasi di MTs Ma’arif Cikeruh, diperoleh informasi bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang paling ditakuti serta cepat merasa bosan, guru IPA mendapatkan nilai rata-rata siswa berada di bawah KKM, pemahaman konsep siswa sangat rendah,dengan hasil tes pemahaman pada materi tekanan belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe explicit instruction yang bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran IPA Terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe explicit instruction pada materi tekanan dan penerapan model kooperatif tipe explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G berjumlah 35 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi dan data pemahaman konsep siswa diperoleh menggunakan tes tertulis bentuk soal uraian dan LKS sebagai instrumen pendukung. Dari hasil penelitian data yang diperoleh: (1) Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru pada kriteria sangat baik yaitu 96,91% dan siswa berada pada kriteria sangat baik yaitu 92,51%. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan N-gain 0,62 dengan kategori sedang dan berdasarkan uji t didapat thitung = 19,780 > ttabel = 2,040 pada taraf signifikansi 0,05. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep yang sangat signifikan pada materi tekanan.
id IOS14695.4598
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14695
first_indexed 2021-09-21T02:05:20Z
last_indexed 2021-09-21T02:05:20Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1734511393318633472
score 17.538404