Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pada PT. POS Indonesia Nanggarjati Hutapadang Kecamatan Arse

Main Author: Sihombing, Rika Rani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7273/1/1740200131.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7273/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengenai tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pada PT. Pos Indonesia nanggarjati Hutapadang, Kecamatan Arse, dimana banyaknya jumlah perusahaan yang beredar dibidang pengiriman barang dan jasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia Nanggarjati Hutapadang Kecamatan Arse. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atau konsumen itu sendiri sebagai pengguna pelayanan jasa kantor pos Nanggarjati Hutapadang yang berada di Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.Dengan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif . Metode penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi dengan jumlah responden 91 pelanggan PT. Pos Nanggarjati dengan menggunakan analisis uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriftif, uji normalitas, uji linear, uji koevisien determinasi R2 , ujit dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, dalam uji t diketahui thitung sebesar 8,595 dan ttabel sebesar 1,986, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka artinya terdapat pengaruh secara varsial terhadap variabel terikat. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,754 yang artinya antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia Nanggarjati Hutapadang memiliki hubungan yang kuat.