Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan
Main Author: | Daulay, Rafika Arisanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah khusunya dalam materi Operasi Hitung Bilangan Bulat, karena proses belajar siswa masih cenderung dengan satu arah yang mengakibatkan kurangnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam belajar. Rumusan masalahnya apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD Negeri 196 manambin. SD Negeri 196 manambin ini beralamat di Desa Manambin Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil tahun akademik 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 manambin yang berjumlah 24 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan angket. Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 40,41 menjadi 55,20 kemudian pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 55,20 menjadi 64,58. Sementara pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 70,20 dan pada siklus II pertemuan 2 yaitu sebesar 80,20 dengan kata lain 87,50% siswa memiliki nilai berkategori baik dan 12,50% berkategori nilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan.