Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan
Main Author: | Daulay, Rafika Arisanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/ |
ctrlnum |
4937 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/</relation><title>Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan</title><creator>Daulay, Rafika Arisanti</creator><subject>130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang
memiliki motivasi belajar yang sangat rendah khusunya dalam materi Operasi Hitung
Bilangan Bulat, karena proses belajar siswa masih cenderung dengan satu arah yang
mengakibatkan kurangnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam belajar.
Rumusan masalahnya apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching
dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung
Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran
Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok
Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan
Kotanopan.
Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD Negeri 196 manambin. SD Negeri 196
manambin ini beralamat di Desa Manambin Kecamatan Kotanopan, Kabupaten
Mandailing Natal. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil
tahun akademik 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat
tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sebagai subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 manambin yang berjumlah 24
siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan
angket.
Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas
sebelum tindakan sebesar 40,41 menjadi 55,20 kemudian pada siklus I pertemuan 2
terjadi peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 55,20 menjadi 64,58. Sementara pada
siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 70,20 dan pada siklus II
pertemuan 2 yaitu sebesar 80,20 dengan kata lain 87,50% siswa memiliki nilai
berkategori baik dan 12,50% berkategori nilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok
operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan
Kotanopan.</description><date>2015-02-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf</identifier><identifier> Daulay, Rafika Arisanti (2015) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>4937</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Daulay, Rafika Arisanti |
title |
Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan |
publishDate |
2015 |
topic |
130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
url |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/ |
contents |
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang
memiliki motivasi belajar yang sangat rendah khusunya dalam materi Operasi Hitung
Bilangan Bulat, karena proses belajar siswa masih cenderung dengan satu arah yang
mengakibatkan kurangnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam belajar.
Rumusan masalahnya apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching
dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung
Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran
Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok
Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan
Kotanopan.
Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD Negeri 196 manambin. SD Negeri 196
manambin ini beralamat di Desa Manambin Kecamatan Kotanopan, Kabupaten
Mandailing Natal. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil
tahun akademik 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat
tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sebagai subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 manambin yang berjumlah 24
siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan
angket.
Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas
sebelum tindakan sebesar 40,41 menjadi 55,20 kemudian pada siklus I pertemuan 2
terjadi peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 55,20 menjadi 64,58. Sementara pada
siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 70,20 dan pada siklus II
pertemuan 2 yaitu sebesar 80,20 dengan kata lain 87,50% siswa memiliki nilai
berkategori baik dan 12,50% berkategori nilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok
operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan
Kotanopan. |
id |
IOS14688.4937 |
institution |
IAIN Padangsidimpuan |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
513 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan |
library_id |
57 |
collection |
E-Theses IAIN Padangsidimpuan |
repository_id |
14688 |
city |
KOTA PADANG SIDIMPUAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS14688 |
first_indexed |
2020-11-08T06:24:02Z |
last_indexed |
2022-06-11T08:57:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735329462245916672 |
score |
17.538404 |