Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan

Main Author: Daulay, Rafika Arisanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/
ctrlnum 4937
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/</relation><title>Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan</title><creator>Daulay, Rafika Arisanti</creator><subject>130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy</subject><description>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang&#xD; memiliki motivasi belajar yang sangat rendah khusunya dalam materi Operasi Hitung&#xD; Bilangan Bulat, karena proses belajar siswa masih cenderung dengan satu arah yang&#xD; mengakibatkan kurangnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam belajar.&#xD; Rumusan masalahnya apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching&#xD; dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung&#xD; Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan?&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran&#xD; Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok&#xD; Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan&#xD; Kotanopan.&#xD; Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD Negeri 196 manambin. SD Negeri 196&#xD; manambin ini beralamat di Desa Manambin Kecamatan Kotanopan, Kabupaten&#xD; Mandailing Natal. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil&#xD; tahun akademik 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas&#xD; (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat&#xD; tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sebagai subjek&#xD; penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 manambin yang berjumlah 24&#xD; siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan&#xD; angket.&#xD; Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas&#xD; sebelum tindakan sebesar 40,41 menjadi 55,20 kemudian pada siklus I pertemuan 2&#xD; terjadi peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 55,20 menjadi 64,58. Sementara pada&#xD; siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 70,20 dan pada siklus II&#xD; pertemuan 2 yaitu sebesar 80,20 dengan kata lain 87,50% siswa memiliki nilai&#xD; berkategori baik dan 12,50% berkategori nilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian&#xD; yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran&#xD; Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok&#xD; operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan&#xD; Kotanopan.</description><date>2015-02-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf</identifier><identifier> Daulay, Rafika Arisanti (2015) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>4937</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Daulay, Rafika Arisanti
title Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas v SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan
publishDate 2015
topic 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
url http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/1/10%20330%200067.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4937/
contents Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah khusunya dalam materi Operasi Hitung Bilangan Bulat, karena proses belajar siswa masih cenderung dengan satu arah yang mengakibatkan kurangnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam belajar. Rumusan masalahnya apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD Negeri 196 manambin. SD Negeri 196 manambin ini beralamat di Desa Manambin Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil tahun akademik 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dengan empat tahapan dan setiap satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 196 manambin yang berjumlah 24 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan angket. Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 40,41 menjadi 55,20 kemudian pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 55,20 menjadi 64,58. Sementara pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 70,20 dan pada siklus II pertemuan 2 yaitu sebesar 80,20 dengan kata lain 87,50% siswa memiliki nilai berkategori baik dan 12,50% berkategori nilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan.
id IOS14688.4937
institution IAIN Padangsidimpuan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 513
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan
library_id 57
collection E-Theses IAIN Padangsidimpuan
repository_id 14688
city KOTA PADANG SIDIMPUAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14688
first_indexed 2020-11-08T06:24:02Z
last_indexed 2022-06-11T08:57:47Z
recordtype dc
_version_ 1735329462245916672
score 17.538404