Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan
Main Author: | Nst, Soibatul Aslamiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/417/1/113300040.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/417/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika di kelasVIII-B MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami materi matematika yang diajarkan. Di samping itu pelaksanaan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran berpusat kepada guru dan siswa cenderung pasif. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelasVIII-B MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di kelas VIII-B MTs Darul Istiqamah Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-BMTs Darul istiqomah Padangsidimpuan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 23 siswa dengan keseluruhan siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 7 siswa dengan persentase ketuntasan 30.43%. Setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dengan persentase ketuntasan 47.82%. Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60.87%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan-1 jumlah siswa yang tuntas 17 siswa dengan persentase ketuntasan 73.91% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 86,95%. Hal tersebut menunjukkan target pencapaian pada penelitian ini telah diperoleh yaitu paling sedikit 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi kubus dan balok di kelas VIII-B MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan.