Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan

Main Author: Desman, Harya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3598/1/10%20220%200057.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3598/
Daftar Isi:
  • Sesuai dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan”. Lembaga bisnis yang berlatar belakang syariah seharusnya terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi sesuai dengan syariat Islam supaya menambah kesetiaan dan loyalitas konsumen yang datang baik dari daerah Sadabuan maupun dari luar wilayah Sadabuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada P.T Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan, dan untuk mengetahui berapa baik pelaksanaan kualitas pelayanan yang ada pada P.T Pegadaian Unit Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 100 responden yang diambil dari populasi 7437 responden. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus product moment dan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y, adapun tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen. Selanjutnya, analisis datanya dihitung dengan menggunakan perhitungan statistik sebagai alat hitung antara lain: analisis regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas,koefisien determinasi, uji Normalitas. Dari hasil uji yang dilakukan ternyata ada hubungan yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X) dengan variabel loyalitas konsumen (Y) yang ditunjukkan = 0,148.dari uji determinasi ( ) = 14.8 + 0,575 = 15.417% yang artinya sumbangan pengaruh variabel kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas konsumen (Y) adalah sebesar 15.417% dan sisanya 84,583% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di skripsi ini. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= .X. Hal ini berarti setiap Kualitas pelayanan semakin bagus 1 satuan akan meningkatkan loyalitas konsumen sebesar 15,417 satuan.