WORD OF MOUTH MARKETING SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Pelanggan Usaha Keluarga Ayam Bakar Mas Toro di Kota Depok)

Main Author: Syaifullah, Vanka Fedia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2021
Online Access: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7955
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7955/6770
Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel promosi media sosial dan variabel word of mouth marketing terhadap variabel keputusan pembelian konsumen usaha keluarga Ayam Bakar Mas Toro di Kota Depok baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden yang diambil dari populasi konsumen usaha keluarga Ayam Bakar Mas Toro di Kota Depok dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS versi 24. Hasil penelitian ini adalah variabel promosi media sosial dan variabel word of mouth marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel promosi media sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel word of mouth marketing. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa variabel word of mouth marketing memediasi pengaruh variabel promosi media sosial terhadap variabel keputusan pembelian konsumen usaha keluarga Ayam Bakar Mas Toro di Kota Depok.Kata Kunci: Promosi Media Sosial, Word of Mouth Marketing, Keputusan Pembelian Konsumen.