ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT&#xD; SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMANGKAT&#xD; KABUPATEN SAMBAS</title><creator>MEGA, SRI ASTUTI</creator><creator>MAI, YULIASTRISIMARMATA, M.Pd</creator><creator>DEWI, LENI MASTUTI, M.Pd</creator><subject>Skripsi</subject><description>Judul penelitian ini adalah &#x201C;Pengaruh Model Pembelajaran Concept&#xD; Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA&#xD; Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas&#x201D;. Rumusan masalah penelitian ini yaitu:&#x201C;&#xD; Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap&#xD; kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat&#xD; Kabupaten Sambas?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan&#xD; mendapatkan informasi serta kejelasan obyektif mengenai pengaruh model&#xD; pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa&#xD; kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Variabel bebas dalam&#xD; penelitian ini adalah &#x201C;Model Pembelajaran Concept Sentence&#x201D; dan varibel&#xD; terikatnya adalah &#x201C;Kemampuan Menulis Teks Anekdot&#x201D;. Metode penelitian ini&#xD; adalah eksperimen dan bentuknya adalah Quasi-Experimental design dengan pola&#xD; Nonequivalent group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah&#xD; 252 orang siswa dan sampelnya berjumlah 72 orang yang terbagi menjadi 2 kelas,&#xD; yaitu kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas&#xD; kontrol.&#xD; Simpulan secara umum penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang&#xD; signifikan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis&#xD; teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas.&#xD; Sedangkan kesimpulan secara khusus yaitu: 1) Kemampuan menulis teks anekdot&#xD; siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran concept&#xD; sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas dapat&#xD; diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,88 dikategorikan baik. 2)&#xD; Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas kontrol setelah menggunakan&#xD; model pembelajaran concept sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat&#xD; Kabupaten Sambas dapat diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,83&#xD; dikategorikan baik. 3) Terdapat pengaruh kemampuan menulis teks anekdot siswa&#xD; kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran concept sentence dan&#xD; kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas X&#xD; SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Hasil uji hipotesis dengan&#xD; menggunakan uji t-test pada &#x7D9; = 0,05 didapat t-hitung &gt; t-tabel atau 2,17 &gt; 1,66,&#xD; maka Ho ditolak dan Ha diterima.&#xD; Berdasarkan pada temuan penelitian, maka disarankan sebagai berikut: 1)&#xD; Bagi guru bahasa Indonesia selalu meningkatkan keterampilan dasar mengajar&#xD; yang meliputi: keterampilan pedagogik, keterampilan professional, keterampilan&#xD; kepribadian dan keterampilan sosial. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar&#xD; mengajar dapat lebih optimal dan hasil yang diharapkan juga dapat tercapai sesuai&#xD; dengan apa yang diharapkan. 2) Bagi guru bahasa Indonesia disarankan untuk&#xD; menggunakan model pembelajaran concept sentence dalam proses belajar&#xD; mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, agar siswa selalu antusiasme dalam&#xD; mengikuti pelajaran di kelas, dan pada akhirnya hasil belajar mereka menjadi&#xD; lebih baik.</description><date>2019-01-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/1/2.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> MEGA, SRI ASTUTI and MAI, YULIASTRISIMARMATA, M.Pd and DEWI, LENI MASTUTI, M.Pd (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MEGA, SRI ASTUTI
MAI, YULIASTRISIMARMATA, M.Pd
DEWI, LENI MASTUTI, M.Pd
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS
publishDate 2019
topic Skripsi
url http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/1/2.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/558/
contents Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu:“ Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan obyektif mengenai pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah “Model Pembelajaran Concept Sentence” dan varibel terikatnya adalah “Kemampuan Menulis Teks Anekdot”. Metode penelitian ini adalah eksperimen dan bentuknya adalah Quasi-Experimental design dengan pola Nonequivalent group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 orang siswa dan sampelnya berjumlah 72 orang yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Simpulan secara umum penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Sedangkan kesimpulan secara khusus yaitu: 1) Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran concept sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas dapat diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,88 dikategorikan baik. 2) Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran concept sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas dapat diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,83 dikategorikan baik. 3) Terdapat pengaruh kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran concept sentence dan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test pada ߙ = 0,05 didapat t-hitung > t-tabel atau 2,17 > 1,66, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pada temuan penelitian, maka disarankan sebagai berikut: 1) Bagi guru bahasa Indonesia selalu meningkatkan keterampilan dasar mengajar yang meliputi: keterampilan pedagogik, keterampilan professional, keterampilan kepribadian dan keterampilan sosial. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat lebih optimal dan hasil yang diharapkan juga dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan. 2) Bagi guru bahasa Indonesia disarankan untuk menggunakan model pembelajaran concept sentence dalam proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, agar siswa selalu antusiasme dalam mengikuti pelajaran di kelas, dan pada akhirnya hasil belajar mereka menjadi lebih baik.
id IOS14629.558
institution IKIP PGRI PONTIANAK
institution_id 776
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IKIP-PGRI Pontianak
library_id 3982
collection Digital Library Students Thesis
repository_id 14629
city KOTA PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14629
first_indexed 2020-12-17T06:56:19Z
last_indexed 2020-12-17T06:56:19Z
recordtype dc
_version_ 1686308013183336448
score 17.538404