UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG

Main Author: DEDE, DORES
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/5/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/521/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seluas Kabupaten Bengkayang”. Dengan masalah umum “Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seluas Kabupaten Bengkayang”. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa melalui model pembelajaran snowball throwing di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seluas Kabupaten Bengkayang. Variabel tindakan penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan variabel masalahnya adalah hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Seluas yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini di laksanakan sebanyak dua siklus, meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan tindakan (acting), tahap observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi, soal tes dan dokumen.