PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 4 KABUPATEN KETAPANG
Main Author: | ETI, KURNIATIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/1/ABSTRAK.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/5/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/7/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/112/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode Quantum Learning pada siswa kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2015/2016. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode Quantum Learning pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang?”. Adapun dari masalah umumtersebut, dibagi lagi menjadi dua sub masalah yaitu (1) Bagaimana proses keterampilan menulis cerpen melalui metode Quantum Learning pada siswa kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana hasil keterampilan menulis cerpen melalui metode Quatum Learning pada siswa kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2015/2016?. Dari rumusan masalah tersebut, diketahui tujuan umum dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan pe;aksanaan keterampilan menulis cerpen melalui metode Quantum Learning pada siswa kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2015/2016; mendeskripsikan hasil keterampilan menulis cerpen melalui metode Quantum Learning pada siswa kelas IX DSMP Negeri 04 Kebupaten Ketapang tahu pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, peneliti berusaha untuk mendeskripsikan menulis cerpen dengan teknik pengembangannya di kelas IX D SMP Negeri 04 Kabupaten Ketapang. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, karena Penelitian Tindakan Kelas memusatkan perhatian pada suatu masalah yang akan diteliti. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus I dan siklus II, yaitu setiap siklus menggunakan metode Quantum Learning. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa Kelas IX D dengan data terkumpul berupa data tertulis (hasil tes tertulis) dan data lisan (hasil wawancara). Kedua data tersebut kemudian peneliti analisis untuk ditarik simpulannya