EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMASWASTA ABDI UTAMA SIBUHUAN

Main Author: Harahap, Rezki Nurjannah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2019
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/978
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/978/466
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada topik trigonometri pada siswa kelas X SMA Swasta Abdi Utama Sibuhuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 28 siswa dan mereka diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (a) rata-rata model pembelajaran TSTS adalah 3,3 (kategori sangat baik) dan b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada topik trigonometri sebelum menggunakan model pembelajaran TSTS adalah 52,12 (cukup) kategori) dan setelah menggunakan model pembelajaran TSTS adalah 79,10 (kategori baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest dan bantuan SPSS versi 17 menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan dengan menggunakan N-Gain, hasilnya menunjukkan G = 0,54 (kategori sedang). Artinya, model pembelajaran TSTS efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada topik trigonometri pada siswa kelas X SMA Swasta Abdi Utama Sibuhuan   Kata kunci: model pembelajaran TSTS, kemampuan pemecahan masalah
  • Abstract This study aims to know the effectiveness of using TSTS learning model on students’ mathematical problem solving ability on the topic trigonometry at the tenth grade students of SMA Swasta Abdi Utama Sibuhuan. The research was conducted by using experimental method (one group pretest post test design) with 28 students as the sample and they were taken by using total sampling technique. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of TSTS learning model was 3.3 (very good category) and b) the average of students’ mathematical problem solving ability on the topic trigonometry before using TSTS learning model was 52.12(fair category) and after using TSTS learning model was 79.10 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest  and help SPSS version 17 showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05) and by using N-Gain, the result showed G = 0.54 (middle category). It means, TSTS learning model was effective on students’ mathematical problem solving ability on the topic trigonometry at the tenth grade students of SMA Swasta Abdi Utama Sibuhuan   Keywords: TSTS learning model, mathematical problem solving ability, trigonometry