PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK APLIKASI E-WALLET LINKAJA (STUDI PADA MAHASISWA FEB UPN “VETERAN” JAWA TIMUR)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ketidakpuasan konsumen (X1) dan Promosi (X2) terhadap perpindahan merek. perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap cara manusia berinteraksi termasuk cara manusia berinteraksi secara finansial. Salah satunya adalah berkembangnya dompet elektronik atau E-Wallet untuk bertransaksi melalui smart phone. Banyak jenis aplikasi E-Wallet salah satunya adalah aplikasi E-Wallet LinkAja yang saat ini bersaing dalam memberikan fasilitas terhadap konsumen dengan beberapa tawaran menarik seperti promosi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, aplikasi E-Wallet LinkAja harus memperhatikan tingkat kepuasan konsumen dan memberikan promosi menarik agar tetap positif sehingga pengguna aplikasi E-Wallet LinkAja tidak berpindah ke merek lain. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Promosi terhadap perpindahan merek aplikasi E-Wallet LinkAja. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEB “Veteran” Jawa Timur yang pernah menggunakan aplikasi E-Wallet LinkAja. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Sampel yang diambil adalah sebanyak 45 responden. Data yang digunakan adalah data primer, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Ketidakpuasan Konsumen dan Promosi memberikan kontribusi terhadap perpindahan merek aplikasi E-Wallet LinkAja Kata kunci : Perpindahan Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Promosi