PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS V SD
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping di kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 5 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93,49% dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,34%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping pada tema 6 (Panas dan Pepindahanya) subtema (Perpindahan Kalor di Sekitar Kita) kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Tematik, Mind Mapping