PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS V SD
ctrlnum |
65 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/65/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS V SD</title><creator>Vera, Aulia Noly</creator><creator>Yulfia, Nora</creator><creator>M., Tamrin</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping di kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 5 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93,49% dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,34%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping pada tema 6 (Panas dan Pepindahanya) subtema (Perpindahan Kalor di Sekitar Kita) kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD.


Kata Kunci : Pengembangan Modul, Tematik, Mind Mapping</description><date>2020-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/1/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/2/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/3/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/4/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/5/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/6/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/7/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/65/8/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Vera, Aulia Noly and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS V SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>65</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Vera, Aulia Noly Yulfia, Nora M., Tamrin |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS V SD |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/65/1/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/2/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/3/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/4/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/5/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/6/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/7/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/8/60%20VERA%20AULIA%20NOLY%201610013411094%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/65/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping di kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 5 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93,49% dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,34%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis mind mapping pada tema 6 (Panas dan Pepindahanya) subtema (Perpindahan Kalor di Sekitar Kita) kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD.
Kata Kunci : Pengembangan Modul, Tematik, Mind Mapping |
id |
IOS14200.65 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-07-23T08:04:58Z |
last_indexed |
2020-07-23T08:04:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871785973219328 |
score |
17.538404 |