PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN BUKALAPAK DI KOTA PADANG
Daftar Isi:
- PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN BUKALAPAK DI KOTA PADANG Sofyan Pradinata, Dahliana Kamener, Purbo Jadmiko Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bung Hatta Email sofyanpradinata93@gmail.com dahlianakamener@ymail.com purbojadmiko@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada pelanggan bukalapak di kota Padang. Populasi adalah pelanggan yang berbelanja online pada Bukalapak di Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data adalah partial least square (PLS). Dari hasil penelitian ditemukan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta kepuasan pelanggan memediasi pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan