Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan 4-D, namun peneliti hanya sampai pada tahap 3-D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 03 Simpang Rumbio untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,77%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 87%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 87,99%. Kata kunci: Modul Matematika, Kontekstual