PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK
ctrlnum |
430 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/430/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK</title><creator>Intan, Sari Rahmadhani Putri</creator><creator>Ira, Rahmayuni Jusar</creator><creator>Daswarman, Daswarman</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan 4-D, namun peneliti hanya sampai pada tahap 3-D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 03 Simpang Rumbio untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,77%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 87%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 87,99%.


Kata kunci: Modul Matematika, Kontekstual</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/1/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/2/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/3/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/4/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/5/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/6/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/7/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/430/8/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Intan, Sari Rahmadhani Putri and Ira, Rahmayuni Jusar and Daswarman, Daswarman (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>430</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Intan, Sari Rahmadhani Putri Ira, Rahmayuni Jusar Daswarman, Daswarman |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD N 03 SIMPANG RUMBIO KOTA SOLOK |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/430/1/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/2/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/3/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/4/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/5/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/6/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/7/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/8/24%20INTAN%20SARI%20RAHMADHANI%20PUTRI%201510013411055%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/430/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan 4-D, namun peneliti hanya sampai pada tahap 3-D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V-B SDN 03 Simpang Rumbio untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85,77%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 87%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 87,99%.
Kata kunci: Modul Matematika, Kontekstual |
id |
IOS14200.430 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-07-23T08:05:08Z |
last_indexed |
2020-07-23T08:05:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871788556910592 |
score |
17.538404 |