Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada tema 5 untuk siswa kelas II SD Negeri 018 Marsawa yang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Subana (2009) tentang belajar, Daryanto (2013) tentang modul dan pendapat Jhonson (2007) tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-Dmodels. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas II SD Negeri 018 Marsawa untuk mengetahui praktikalitas. Validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 85 yang termasuk ke dalam kategori valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 92,57 berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Modul Bahasa Indonesia, Pendekatan contextual teaching and learning.