ctrlnum 395
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/395/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 018 MARSAWA</title><creator>Novika, Zulnindi</creator><creator>Syofiani, Syofiani</creator><creator>Syafni, Gustina Sari</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada tema 5 untuk siswa kelas II SD Negeri 018 Marsawa yang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Subana (2009) tentang belajar, Daryanto (2013) tentang modul dan pendapat Jhonson (2007) tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-Dmodels. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas II SD Negeri 018 Marsawa untuk mengetahui praktikalitas. Validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 85 yang termasuk ke dalam kategori valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 92,57 berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci : Modul Bahasa Indonesia, Pendekatan contextual teaching and learning.</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/1/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/9/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/3/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/4/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/5/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/6/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/7/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/395/8/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Novika, Zulnindi and Syofiani, Syofiani and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 018 MARSAWA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>395</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Novika, Zulnindi
Syofiani, Syofiani
Syafni, Gustina Sari
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 018 MARSAWA
publishDate 2020
isbn 2015100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/395/1/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/9/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/3/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/4/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/5/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/6/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/7/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/8/28%20NOVIKA%20ZULNINDI%201510013411069%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/395/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada tema 5 untuk siswa kelas II SD Negeri 018 Marsawa yang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Subana (2009) tentang belajar, Daryanto (2013) tentang modul dan pendapat Jhonson (2007) tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-Dmodels. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas II SD Negeri 018 Marsawa untuk mengetahui praktikalitas. Validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 85 yang termasuk ke dalam kategori valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 92,57 berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Modul Bahasa Indonesia, Pendekatan contextual teaching and learning.
id IOS14200.395
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-07-23T08:05:08Z
last_indexed 2020-07-23T08:05:08Z
recordtype dc
_version_ 1686871788413255680
score 17.538404