Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 22 Duku.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hasil belajar PKn siswa kelas IV yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada kelas sampel yang menggunakan model Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 22 Dukuyang berjumlah 45 siswa. Dalam penelitian ini didapatkan kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Tes akhir menunjukkan nilai rata-rata PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaranAuditory Intellectually Repetition(AIR) adalah sebesar 81,42untuk kelas eksperimen dan 74,08untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,64dan ttabel = 2,017, atau dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 22 Duku yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition(AIR)lebih baik daripada hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), PKn, Hasil Belajar.