EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANAEGARAAN DI SMPN KACAMATAN PELEPAT ILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 6 orang guru PPKN SMPN Kecamatan Pelepat Ilir. Teknik Pengumpulan data melalui lembaran angket, panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Perencanaan Pembelajaran terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 93% (2) Efektivitas pelaksanaan Pembelajaran berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup terlaksana degan sangat baik dan model pembelajaran yang digunakan bervariasi terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 93%(3) Efektivitas penanaman karakter peserta didik terlaksana dengan cukup baik dengan persentase 73,5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir, dalam perencanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik sedangkan untuk penananaman karakter terlaksana dengan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir sudah terlaksana dengan sangat baik. Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Implementasi Model-model Pembelajaran, Karakter. UNIVERSITAS