EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANAEGARAAN DI SMPN KACAMATAN PELEPAT ILIR
ctrlnum |
244 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/244/</relation><title>EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANAEGARAAN DI SMPN
KACAMATAN PELEPAT ILIR</title><creator>M. Azmi, Anandi</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><creator>Bambang, Trisno</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Kurikulum 2013
pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN
Kecamatan Pelepat Ilir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 6 orang guru PPKN SMPN Kecamatan
Pelepat Ilir. Teknik Pengumpulan data melalui lembaran angket, panduan
observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Hasil pnelitian
menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Perencanaan Pembelajaran terlaksana dengan
sangat baik yaitu dengan persentase 93% (2) Efektivitas pelaksanaan
Pembelajaran berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
terlaksana degan sangat baik dan model pembelajaran yang digunakan bervariasi
terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 93%(3) Efektivitas
penanaman karakter peserta didik terlaksana dengan cukup baik dengan
persentase 73,5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan
kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir, dalam perencanaan pembelajaran terlaksana
dengan sangat baik, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik
sedangkan untuk penananaman karakter terlaksana dengan cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan
kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir sudah terlaksana dengan sangat baik.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Implementasi Model-model
Pembelajaran, Karakter.
UNIVERSITAS</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/1/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/2/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/3/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/4/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/5/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/6/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/7/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/244/8/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> M. Azmi, Anandi and Pebriyenni, Pebriyenni and Bambang, Trisno (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANAEGARAAN DI SMPN KACAMATAN PELEPAT ILIR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>244</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
M. Azmi, Anandi Pebriyenni, Pebriyenni Bambang, Trisno |
title |
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANAEGARAAN DI SMPN
KACAMATAN PELEPAT ILIR |
publishDate |
2020 |
isbn |
2815100133110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/244/1/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20ABSTRAK.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/2/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/3/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/4/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/5/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/6/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/7/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20COVER.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/8/5%20M.%20AZMI%20ANANDI%20%281510013311013%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/244/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Kurikulum 2013
pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN
Kecamatan Pelepat Ilir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 6 orang guru PPKN SMPN Kecamatan
Pelepat Ilir. Teknik Pengumpulan data melalui lembaran angket, panduan
observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Hasil pnelitian
menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Perencanaan Pembelajaran terlaksana dengan
sangat baik yaitu dengan persentase 93% (2) Efektivitas pelaksanaan
Pembelajaran berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
terlaksana degan sangat baik dan model pembelajaran yang digunakan bervariasi
terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 93%(3) Efektivitas
penanaman karakter peserta didik terlaksana dengan cukup baik dengan
persentase 73,5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan
kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir, dalam perencanaan pembelajaran terlaksana
dengan sangat baik, pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik
sedangkan untuk penananaman karakter terlaksana dengan cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan
kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMPN Kecamatan Pelepat Ilir sudah terlaksana dengan sangat baik.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Implementasi Model-model
Pembelajaran, Karakter.
UNIVERSITAS |
id |
IOS14200.244 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-07-23T08:05:02Z |
last_indexed |
2020-07-23T08:05:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871787252482048 |
score |
17.538404 |