Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N 09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa, materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS di kelas III sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS